Pada umumnya kapal menggunakan mesin diesel 2 tak & mesin diesel 4 tak.
Mesin diesel 2 Tak:
Suatu motor pembakaran dalam dimana satu putaran engkol menghasilkann 1x putaran kerja.
Mesin diesel 4 Tak:
Suatu motor pembakaran dalam dimana satu putaran engkol menghasilkann 1x usaha kerja.
Prinsip kerja Mesin diesel 2 tak & 4 tak :
Prinsip-prinsip mesin 2 tak:
- Hanya mempunyai katup hisap / buang saja
- Hanya mempunyai saluran hisap / buang saja
Prinsip-prinsip mesin 4 tak:
Selalu mempunyai katup hisap & buang saja
Bahan Bakar yang dipakai di kapal:
- MFO (Marine Full Oil)
- MDF (Marine Diesel Full)
- HSD/DO (Hight Speed Diesel/Diesel Oil)
- Residu
Turbin pada kapal.
| Turbin Aksi | Turbin Reaksi |
Bentuk | Simetris | Asimetris |
Bekerja atas dasar gaya | Aksi | Reaksi |
Tekanan sebelum & sesudah suhu jalan | ρ1 = ρ2 | ρ1 > ρ2 |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar